Kamis, 10 November 2016

Cara Menjaga Proyektor Agar Tahan Lama

Saat ini proyektor sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan karena atau pun instansi lainnya. Karena manfaatnya sangat banyak dan memudahkan guru, dosen, pemateri, atau atasan yang ingin menyampaikan sesuatu. Dengan adanya proyektor sangat memudahkan seorang guru atau pemateri ketika menyampaikan materi.

Di kampus kampus besar kebanyakan setiap kelasnya dilengkapi dengan proyektor, dengan alas an untuk mempermudah seorang guru menggunakan media pembelajaran. Di dunia kerja juga begitu ketika karyawan ingin menawarkan proposalnya. Tidak haja itu, proyektor juga bisa dipakai untuk hiburan seperti nonton film atau main game bola, pasti seru dengan layar besar. 
Proyektor. (Foto: zdnet.com)
Agar bisa memaksimalkan fungsinya, proyektor biasanya dilengkapi dengan screen proyektor agar gambar yang dihasilkan lebih jernih dan tajam. Harga screen proyektor dipasaran beragam dan yang pasti lebih murah dari pada harga proyektor yang biasa.

Alat elektronik sudah bukan rahasia umum lagi yaitu mempunyai kelemahan salah satunya ketahanan sampai berapa lama proyektor bisa bertahan. Faktor penyebabnya beragam bisa dari proyektornya sendiri karena sudah terlalu tua (maksdunya lama), atau dari pengguna proyektor seperti penggunaan yang berlebihan, atau cara pemeliharaan dan perawatan yang tidak baik. Kebanyakan proyektor rusak dibebabkan karena sang pemakai tidak begitu paham mengenai pemeliharaan dan perawatan proyektor. Sangat disayangkan jika hanya proyektor rusak padahal baru saja beli.

Berikut ini info mengenai cara merawat proyektor aga tidak mudah rusak, sesuai dengan istilah “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Perhatikan Posisi Letak Proyektor
Letak posisi proyektor sangat berbengaruh untuk ketahanan proyektor, lebih baik diletakkan ditempat yang dimudah disentuh orang lain seperti membuat tempat proyektor menggantung dilangit langit ruangan. Biasanya posisinya terbalik agar mudah di tekan tombol – tombol yang ada di proyektor ketika remot proyktor rusak atau hilang. Proyektor yang diletakkan di tempat khusus kemungkinan terkena benturan atau hal yan lain menjadi sedikit.

Arus Listrik Harus Stabil
Arus listrik ketika menyalakan proyektor harus stabil karena sama dengan beberapa elektronik lain jika arus listrik tidak stabil maka alat tersebut kemungkinan besar akan rusak. Jika listrik terlalu sering matik maka lebih baik tidak menyalakann proyektor, atau sediakan listrik cadangan agar proyektor tidak mati secara tiba tiba. Selain itu, cara mematikan proyektor juga perlu diperhatikan agar proyektor benar benar dalam keadaan mati baru kabel power yang menyambung aliran listrik bisa dilepas. Jangan sampai melepas kabel listrik sebelum proyektor dalam keadaan mati.

Durasi Penggunaan
Sama halnya dengan manusia, proyektor juga mempunyai batas maksimal kemampuan untuk dipakai. Jika terlalu lama dipakai maka lampu dan alat alat di dalam proyektor akan panas dan ini sangat berbahaya bisa saja proyektor mengalami kerusakan atau mati total alias matot.

Perhatikan Cara mengoprasikan Proyektor
Yang perlu diperhatikan tata cara mengoprasikan proyekor seperti menghidupkan proyektro ada ketentuannya, jika tombol power sudah di tekal tunggu saja jangan terlalu sering menekan tombol power. Lebih baik menggunakan remot jika ada. Sebelum menekan tombol power lebih baik diperhatikan dulu kabel powernya sudah disambungkan ke aliran listrik atau belum.

Tempat Penyimpanan
Bagi pengguna proyektor yang bisa dibawa ke mana mana, maka perhatikan tempat penyimpanan agar tidak terjadi insiden yang bisa merusak proyektor. Letakkan di tempat yangb bersuhu tidak terlalu panas dan dingin. Jauhkan dari jangkauan orang orang dan simpan dengan menggunakan tas penyimpanan.

Perawatan Berkala
Yang terpenting adalah perawatan secara berkala agar proyektor bisa bertahan lebih lama. Biasanya di dalam proyektor dilengkapi dengan filter untuk mencegah debu masuk ke dalam proyektor, seletah dipakai sekian lama filter proyektor pasti berdebu dan menyebabkan proyektor cepat panas. Oleh karena itu sangat perlu dibersihkan secara teratur agar lebih tidak masuk kedalam proyektor.

Demikian Cara Menjaga Proyektor Agar Tahan Lama, agar lebih memperhatikan dan merawat proyektor sebelum benar benar rusak. Jika ingin mudah mencek harga screen proyektorsProyektor mini atau alat elektronik lainnya bisa dilihat di situs MatahariMall.com. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar