Sabtu, 31 Desember 2016

Bali International Airport yaitu Bandar Udara Internasional Ngurah Rai

Bali International Airport yaitu Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Letak bandara ini berada di bagian selatan Bali, tepatnya di Kelurahan Tuban, Kuta, Kabupaten Badung kira-kira 13km dari kota Denpasar. Bandara ini menempati posisi ketiga bandara tersibuk di Indonesia setelah Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Nama badar udara ini diambil dari nama seorang pahlawan Bali yang bernama I gusti Ngurang Rai. 

Bandara ini dibangun pada tahun 1930 oleh Departement Voor Verkeer en Waterstaats semacam Departemen Pekerjaan Umum. Sejak pertama kali dibangun bandara Ngurah Rai mengalami perubahan dari masa ke masa. Pengembangan fasilitas Bali International Airport pada tahap pertama terjadi pada tahun 1990 hingga 1992. Pengembangan dilakukan dengan perluasan terminal yang dilengkapi dengan aviobridge atau garbarata. Perluasan bandar udara menjadi 3000 meter. 
foto:bali-airport.com
Pengembangan fasilitas Bali International Airport yang kedua dilakukan pada tahun 1998-2000. Pengembangan dikerjakan oleh Direktoral Jenderal Perhubungan Udara diantaranya dengan memanfaatkan hutan baku yang luasnya sekitar 12 Ha yang digunakan untuk fasilitas keslamatan penerbangan.

Sedangkan pengembangan Bali International Airport yang ketiga meliputi pengembangan gedung terminal, apron dan gedung parkir. Luas terminal dosmetik saat ini dikembangkan sampai seluas 12.000m, nantinya juga akan digunakan sebagai terminal Internasional. Sedangkan eksisting terminal internasional akan dialihkan menjadi terminal domestik. Kondisi bandara yang seperti ini mampu menampung sampai 25 juta penumpang.

Bali International Airport ini buka selama 24 jam dan melayani penerbangan domestik dan internasional. Terminal domestik yang menempati area terminal internasional yang lama mempunyai 8 gerbang keberangkatan dan 4 gerbang kedatangan. Sementara terminal internasional telah selesai direnovasi, untuk keberangkatan ada di lantai 3 dan lantai 1 adalah terminal kedatangan. 

Terminal international keberangkatan mempunyai 14 gerbang yang berada di lantai 3 yakni: 1A, 1B, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9A dan 9B. Gerbang 10, 11 dan 12 berada di lantai 1. Di gerbang keberangkatan internasional mempunyai fasilitas garbarata atau aviobridge. Terminal internasional kedatangan terdapat 7 pengambilan bagasi. Selain itu ada juga fasilitas Visa on Arrival atau VOA, imigrasi dan bea cukai pada area kedatangan internasional.
Load disqus comments

0 komentar